Berkah Sehat Berkat Minuman Sehat Lidah Buaya

Berkah Sehat Berkat Minuman Sehat Lidah Buaya

Post a Comment

Berkah Sehat Berkat Minuman Sehat Lidah Buaya. Siapa yang tidak kenal dengan salah satu tanaman obat bernama lidah buaya ini. Tanaman yang bentuk daunnya menyerupai ekor buaya ini banyak dijumpai di pekarangan rumah. Cara menanamnya juga cukup mudah, begitu juga dengan perawatannya.

Berkah Sehat berkat minuman sehat lidah buaya
foto dari Satu Indonesia Awards dan radioidola

Sebagai tanaman obat, lidah buaya memiliki banyak manfaat. Dikutip dari jurnal yang ditulis oleh Ir. Luluk Sutji Marhaeni, MS, dosen Fakultas Pertanian Universitas Borobudur, tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat dan khasiat, seperti antiinflamasi, anti jamur, anti bakteri, dan regenerasi sel. Selain itu juga dapat menurunkan gula dalam darah penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh, menurunkan demam, melegakan tenggorokan, dan mengurangi batuk.

MasyaAllah ya, banyak sekali manfaat yang bisa kita petik dari tanaman lidah buaya ini yaa. 

Nah, berbicara tentang tanaman obat lidah buaya (Aloe Vera) ini, saya jadi teringat dengan Alan Efendhi, seorang pemuda yang mengembangkan usaha pembuatan minuman sehat berbahan lidah buaya. 

Berkenalan dengan Alan Efendhi

Alan Efendhi adalah seorang pemuda milenial yang tinggal di Gunung Kidul, tepatnya Kelurahan Katongan Kapanewon Ngipar, Kabupaten Gunung Kidul DI Yogyakarta. Dia adalah seorang inisiator pembuatan minuman sehat lidah buaya di kampungnya.

Awalnya, Alan merasa prihatin dengan keadaan tanah di kampungnya yang kering kerontang dan tidak mudah ditanami tanaman palawija. Hal ini disebabkan karena kondisi cuaca di kampungnya itu sepanjang tahun kering, sehingga tanah menjadi tandus karena tidak pernah disiram air hujan.

Akhirnya terbetiklah untuk membudidayakan tanaman yang mudah menanamnya dan mudah perawatannya. Pilihan tanaman yang akan dibudidayakannya itu adalah lidah buaya.

Tahun 2014, Alan Efendhi mulai melakukan budi daya tanaman lidah buaya dan berhasil. Alan tak sekadar menanam lidah buaya, tapi memang ada maksud ingin membudayakan lidah buaya untuk dibuat minuman sehat.

Hasil panennya pun akhirnya dia buat menjadi minuman sehat. Produksi minuman sehat ini mendapatkan respon pasar yang bagus. Akhirnya tahun 2018, Alan mendirikan perusahaan yang bergerak di inovasi pengolahan minuman sehat berbahan lidah buaya yang dia beri nama Rasane Vera.

Alan Efendhi mengolah minuman sehatnya dengan sangat hati-hati, agar khasiat dan manfaat dari minuman sehat ini bisa dirasakan oleh masyarakat di sekitarnya. Alan memberi pemanis untuk minuman sehat Rasane Vera ini dengan pemanis alami dari daun Stevia.

Sejak tahun 2018 sampai tahun 2024 ini, usaha yang dirintis oleh Alan Efendhi ini akhirnya bisa membawa berkah kepada masyarakat di sekitarnya, tak hanya kesehatan jiwa dan raga, namun juga kesehatan finansial.

Gunung Kidul yang sebelumnya pemandangannya sangat menyedihkan karena tanahnya tandus, kering kerontang, sekarang hijau oleh tanaman lidah buaya yang ditanam oleh mitra yang bekerja sama dengan Alan Efendhi. Sampai detik ini, Alan Efendhi sudah memiliki 12 karyawan, dan 152 mitra baik yang tinggal di Gunung Kidul, maupun yang tinggal di daerah lain di sekitarnya.

Alan Efendhi mampu mengubah nasib petani di Gunung Kidul yang sepertinya tidak ada harapan hidup karena tanah yang tandus, lewat inovasinya membudidayakan tanaman obat lidah buaya, akhirnya desanya itu menjadi desa yang makmur.

Apa Saja Manfaat Minuman Sehat Lidah Buaya ala Rasane Vera?

Minuman sehat berbahan lidah buaya yang diproduksi oleh perusahaan Alan Efendhi Rasane Vera ini adalah minuman yang terbuat dari liquid gel atau ekstrak lidah buaya. Lidah buaya sudah banyak digunakan oleh masyarakat secara luas baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan untuk pengobatan tradisional, karena lidah buaya kandungan nutrisinya yang kaya, seperti asam amino, vitamin, mineral, dan enzim baik. 

Nah, saya jadi tertarik mengulik manfaat minuman kesehatan yang berbahan lidah buaya ini. Ini dia hasil pencarian saya dengan melakukan browsing di situs online.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Lidah Buaya membantu memperbaiki sistem pencernaan, meredakan ganguan pencernaan, dan mengurangi gejala sembelit karena sifat dari liquid lidah buaya ini senang membantu melancarkan pencernaan.

2. Menghindarkan tubuh dari dehidrasi

Lidah buaya mengandung banyak air, sehingga dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap terhidrasi terutama saat udara panas.

3. Mengandung antioksidan

Lidah buaya mengandung antioksidan yang mampu melawan berbagai macam radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh, membuat kulit sehat, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Membantu detoksifikasi

Lidah buaya mampu meluruhkan racun-racun dalam saluran pencernaan sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat bebas dari toxic.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Mau cantik alami? Minuman sehat lidah buaya solusinya, hehehe. Minuman sehat lidah buaya mampu melembabkan kulit dari dalam. Dari luar juga bisa lho diaplikasikan ke kulit, sehingga kulit menjadi lebih lembab dan lembut.

Wah, banyak juga ya manfaat minuman sehat lidah buaya ini. Buat emak-emak seperti saya yang sudah masuk usia jelita, tentu informasi ini sangat berguna sekali. Supaya kulit tetap kenyal terhidrasi, pencernaan juga sehat sehingga kesehatan tubuh secara keseluruhan akan terjaga.

Sudah saatnya mengalihkan minuman ke minuman sehat lidah buaya agar terjaga kesehatan baik jiwa dan raga. Pola makan dan minum yang sehat akan berdampak pada kehidupan kita menjadi kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia dari sebelumnya karena jauh dari penyakit. Betul?

Alan Efendhi
cerdit foto: ekbis.harianjogja.com

Minuman sehat yang diproduksi oleh perusahaan Rasane Vera Alan Efendhi ini mengolah berbagai olahan tanaman lidah buaya seperti nata de aloe vera, minuman aloe cube, dan aloe pure slice. Oiya, pemanis yang ditambahkan juga pemanis alami, dari daun Stevia, sehingga minuman ini terjamin keorganikannya.

Simpulan

Keberhasilan Alan Efendhi mematahkan tantangan tanah yang tandus menjadi sebuah peluang inovasi di teknologi pengolahan minuman sehat berbahan lidah buaya ini patut diacungi jempol. Selain Alan berhasil membuat perusahaan dengan nama Rasane Vera, Alan juga bisa membuka lapangan pekerjaan dan menghijaukan kampungnya Gunung Kidul dengan ladang budi daya tanaman lidah buaya,

Patutlah jika Alan Efendhi meraih penghargaan Satu Indonesia Awards 2023 bidang kewirausahaan. Selamat ya, Mas Elan Efendhi!

Referensi:

1. https://www.astra.co.id/satu-indonesia-awards

2. https://www.radioidola.com/2023/alan-efendhi-petani-milenial-dan-inisiator-minuman-sehat-berbahan-baku-lidah-buaya/

3. https://ekbis.harianjogja.com/read/2024/04/27/502/1172592/rasane-vera-menghijaukan-gunungkidul-dengan-lidah-buaya

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com
Newest Older

Related Posts

Post a Comment